Rabu, 25 September 2019

Perangkat Lunak Sebagai Layanan

Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) Dunia bisnis saat ini menuntut agar pemilik bisnis cepat beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Bisnis dapat meningkatkan operasi internal ketika mereka mampu beradaptasi dengan tren teknologi yang muncul untuk mengurangi biaya operasional dan pada akhirnya meningkatkan layanan kepada klien. Bisnis yang gagal beradaptasi menemukan bahwa upaya untuk berfungsi menggunakan metode dan teknologi lama, yang konon telah terbukti benar dapat membebani mereka sejumlah besar uang.

Ketika digunakan dengan benar, Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) dapat membantu bisnis Anda mengurangi biaya overhead yang terkait dengan mengelola perangkat lunak yang diinstal dan dikelola pada PERANGKAT LUNAK REBRANDABLE server dan workstation klien. Perangkat Lunak sebagai Layanan, juga dikenal sebagai "perangkat lunak sesuai permintaan" menyediakan penyebaran cepat untuk banyak jenis perusahaan dan bekerja sangat baik dalam jenis model operasi bisnis tertentu. Evolusi Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS)

SaaS dimulai dengan pengembangan ruang perangkat lunak yang di-host yang pertama kali muncul secara komersial pada tahun 1998. Aplikasi SaaS generasi pertama ini adalah aplikasi yang memungkinkan akses berbasis web ke perangkat lunak melalui berlangganan dari vendor SaaS sebagai lawan dari lisensi aplikasi tradisional untuk perangkat lunak yang dibeli "off -rak."

Model lisensi mendorong vendor perangkat lunak untuk membatasi penggunaan aplikasi mereka dengan mendefinisikan secara objektif bagaimana dan kapan perangkat lunak aplikasi dapat digunakan. EULA (Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir) mendefinisikan dengan tepat bagaimana suatu aplikasi dapat digunakan.

Dengan SaaS, instalasi perangkat lunak CD konvensional ke workstation sepenuhnya dilakukan, dan pelanggan diberi akses penuh ke aplikasi dari PC desktop mereka. PC pada dasarnya menjadi "thin client" saat menggunakan SaaS; hampir semua fungsi akses dijalankan di server vendor di pusat data jarak jauh. Pada dasarnya, PC desktop menjadi klien dan vendor menyajikan aplikasi sesuai permintaan; karenanya, SaaS pada dasarnya adalah perangkat lunak sesuai permintaan.

Pada awalnya, hanya perusahaan tertentu yang ingin beradaptasi dengan SaaS. Namun, kelompok perusahaan ini membuat gelombang di industri masing-masing dengan menjadi efektif secara operasional ketika menggunakan SaaS. Saat ini, lebih sering daripada tidak, perangkat lunak dikembangkan menggunakan model SaaS karena mekanisme pengiriman ini sangat cocok untuk model operasi bisnis tertentu.

SaaS dengan cepat menjadi kendaraan pengiriman yang disukai untuk perusahaan di seluruh dunia. Dalam kasus tertentu, pemilik bisnis sangat senang dengan penghematan total biaya kepemilikan dari solusi SaaS dibandingkan dengan pembelian perangkat lunak melalui saluran reseller konvensional. Dengan satu-satunya tanggung jawab keuangan dalam bentuk biaya berlangganan berulang, biaya konstan dan dapat diprediksi dengan SaaS. Seperti yang diketahui oleh banyak pemilik bisnis, ini bukan masalahnya Ulasan Perangkat Lunak Forex dengan perangkat lunak out-of-the-box yang berlisensi terus-menerus. Pada tahun ketiga kepemilikan perangkat lunak berlisensi, total biaya kepemilikan meningkat karena banyak vendor mendorong untuk perangkat keras baru dan peningkatan lainnya untuk infrastruktur TI Anda.

Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) SaaS yang Ditentukan hanyalah apa yang tersirat dalam istilah ini: Perangkat lunak dipasok sebagai layanan oleh vendor perangkat lunak. Aplikasi berada di luar lokasi di pusat data vendor di mana vendor bertanggung jawab untuk memelihara data, server dan semua perangkat keras terkait lainnya. Akses ke aplikasi yang jaraknya jauh diberikan oleh langganan yang memungkinkan pengguna akhir untuk menggunakan perangkat lunak. Pengguna menjalankan aplikasi SaaS melalui Internet.

Vendor dapat mempertahankan aplikasi yang berfungsi untuk banyak klien tanpa masalah penyesuaian atau integrasi yang cukup besar. Dengan aplikasi tingkat perusahaan tradisional, ini bukan kasus di mana banyak biaya dihasilkan menyesuaikan aplikasi untuk perusahaan tertentu. Dengan SaaS, biaya-biaya tersebut dihilangkan dan vendor memiliki aplikasi tunggal yang mudah dirawat untuk banyak klien. Peningkatan adalah hal yang mudah karena merilis versi baru. Ketika vendor perlu memutakhirkan aplikasinya atau merilis versi baru, ia hanya menginstalnya di pusat data mereka, dan semua pelanggan secara instan ditingkatkan secara bersamaan saat aplikasi berikutnya diakses.

Dalam kebanyakan kasus, perangkat lunak harus dikonfigurasikan dalam lingkungan di mana pelanggan dapat mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan. SaaS juga dikenal sebagai solusi "satu ukuran untuk semua". Dengan memelihara perangkat keras, vendor menanggung banyak biaya TI operasional terkait dengan pemeliharaan perangkat lunak dan server yang menjalankan aplikasi. Transisi ke SaaS di perusahaan Anda dapat menghemat banyak uang bagi organisasi Anda dengan mengalihkan biaya operasional ini ke vendor SaaS. Melakukan hal itu menghilangkan jumlah jam TI yang diperlukan untuk mempertahankan perangkat lunak yang berjalan sendiri di workstation, ditambah itu mengurangi biaya perangkat keras untuk server tambahan dan peralatan terkait lainnya.

Mengalihkan tanggung jawab ini ke vendor perangkat lunak mengubah hubungan pelanggan-vendor. Jelas, perusahaan yang dapat mengambil keuntungan dari SaaS dapat secara dramatis mengurangi biaya operasional dan memungkinkan staf TI untuk fokus pada tugas-tugas tingkat tinggi dalam organisasi mereka. Platform SaaS juga berbeda secara radikal dari metode lisensi tradisional dalam cara pembayaran perangkat lunak. Lewatlah sudah biaya dimuka yang besar dengan berbagai biaya konsultasi dan biaya pemeliharaan yang terkait dengan mengadaptasi aplikasi baru di seluruh perusahaan. Sebagai gantinya, pelanggan membayar biaya berlangganan yang mungkin terjadi secara bulanan atau tahunan.

Vendor perangkat lunak SaaS melakukan trade-off untuk biaya di muka untuk arus kas yang stabil dan dapat diprediksi dari hubungan berbasis layanan dengan pelanggan. Menjaga hubungan pelanggan tetap utuh sangat penting bagi penyedia SaaS untuk mempertahankan aliran pendapatan ini dan agar tetap mengalir. Kebutuhan inilah yang mendorong vendor SaaS untuk menyediakan layanan berkualitas dalam aplikasi mereka, bersama dengan layanan pelanggan berkualitas saat dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar